Analisis Kebutuhan Diklat Tahun 2013

 Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)  adalah suatu studi yang sistematis dan sistemik dalam  usaha pengambilan keputusan mengenai dilakukannya suatu diklat atau non-diklat di masa yang akan datang, dengan memanfaatkan data dan pemikiran dari berbagai sumber, sehingga keputusan yang diambil lebih produktif. Analisis Kebutuhan Diklat (AKD)  merupakan serangkaian kegiatan untuk menemukan masalah-masalah yang timbul di suatu lembaga / organisasi guna menentukan perlu/tidaknya suatu kegiatan diklat untuk mengatasi masalah-masalah dalam organisasi/lembaga tersebut.
Terminologi yang terkait dengan kebutuhan pendidikan dan pelatihan (Diklat) ini, yaitu Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) dan Identifikasi Kebutuhan Diklat (IKD). Kesemuanya  mengungkapkan masalah kebutuhan diklat, dimana Analisis Kebutuhan Diklat merupakan proses pengungkapan kebutuhan diklat pada tingkat jabatan, sedangkan Identifikasi Kebutuhan Diklat adalah proses pengungkapan kebutuhan diklat pada tingkat organisasi.


Semua hasilnya  akan dapat memberikan informasi yang tepat kepada penyusun program diklat terutama mengenai jenis-jenis diklat.  Dengan demikian jauh sebelum pelaksanaan diklat telah dapat ditentukan  isi dan metode diklat, kelompok sasaran, kendala yang mungkin muncul dan hasilnya.
Untuk itu, Badan Kepegawaian Daerah khususnya Bidang Diklat Pemerintah Kota Probolinggo   telah mengirimkan Data Isian Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) kepada masing-masing SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Probolingggo guna menginventarisasi Diklat yang telah dilakukan dan yang akan dilakukan. Harapannya adalah hasil dari Analisis Kebutuhan Diklat ini dapat menjadi referensi dan Kerangka Acuan Kerja (KAK) atau Term of Reference (TOR) Badan Kepegawaian Daerah khususnya Bidang Diklat Kota Probolinggo.
Sehingga dalam pelaksanaannya pelaksanaan pengembangan SDM (Diklat) dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masing SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Adapun Format Data Isian Analisis Kebutuhan Diklat Tahun 2013 dapat di download disini

 

 

 

Kotak Surat

  • andre
    asalam'walaikum bapak Ka.Kepegawaian Kota Probolinggo. saya honorer di dinas pendidikan kota probolinggo ...

    Selengkapnya...

     
  • Admin
    Mohon maaf, kami kurang memahami maksud dari pertanyaan Saudara. Untuk lebih jelasnya silahkan Saudara ...

    Selengkapnya...

     
  • Admin
    Silahkan menghubungi BKD di wilayah kerja Saudara untuk melakukan perbaikan data pegawai Terima ...

    Selengkapnya...

     
  • Admin
    SK CPNS untuk Honorer K-2 sudah terbit dan diserah terimakan, Pengumuman tentang hasil seleksi ...

    Selengkapnya...

     
  • Drs M. Z Djakawidada
    Assalu alaiakum! Mahon informasi bgm memperbaiki data pegawai yang salah di BKN ? untuk data kepegawaian ...

    Selengkapnya...

Login Kotak Surat